Dokter Anakku

Skala Nyeri pada Anak

Penilaian objektif skala nyeri pada anak sangatlah tidak mudah. Karena dibutuhkan kerjasama dari pasien dalam menggambarkan rasa nyeri yang dirasakannya. Dan tentunya sangat sulit dilakukan pada pasien anak. Beberapa penelitian telah melakukan usaha untuk membuat skala objektif nyeri yang mudah digunakan pada pasien anak. Salah satu skala objektif nyeri yang sering digunakan di klinis adalah Wong Baker Faces Pain Rating Scales dari jurnal penelitian Wong dan Baker (1). Skala nyeri ini menggunakan dua cara penilaian yaitu penilaian mimik wajah terhadap nyeri (Faces Pain Rating Scale) untuk anak usia 3 tahun ke atas dan penilaian verbal (Verbal Pain) untuk anak usia diatas 8 tahun

Cara penggunaan Wong Baker Faces Pain Rating Scales : 

1. Faces Pain rating Scale (Penilaian skala nyeri wajah) untuk anak usia 3 tahun lebih

Tunjukkan gambar gambar mimik wajah yang ada pada skala nyeri kepada anak. Beri penjelasan secara singkat mengenai tingkatan rasa nyeri yang diwakili setiap gambar. Mintalah anak untuk memilih gambar wajah yang paling menggambarkan rasa nyeri yang dirasakannya. Cocokan dengan skala angka pada gambar.
Contoh : Jelaskan pada anak bahwa anak dapat memilih wajah nomor 0 bila anak tidak merasakan sakit sama sekali, Wajah 2 bila anak hanya sedikit merasa sakit. Wajah 4 bila lebih sakit. Wajah 6 bila jauh lebih sakit. Wajah 8 bila sangat sakit tapi tidak sampai menangis. Wajah 10 bila sangat sakit sampai menangis. 

2. Verbal Pain Asessment Scale (Penilaian Nyeri secara Verbal) untuk anak usia 8 tahun keatas.

Mintalah anak untuk menyebutkan rasa nyeri yang dirasakannya, mulai dari tingkat skala 0 sampai 10

Salah satu kegunaan skala nyeri ini adalah untuk menentukan perkiraan toleransi aktivitas yang dapat dilakukan oleh pasien, sebagai contoh bila tidak ada nyeri atau hanya nyeri sedang, maka rasa nyeri dapat diabaikan dan pasien masih diperbolehkan melakukan aktivitas biasa, tetapi bila rasa nyeri menengah sampai lanjut tentunya sudah dapat mengganggu tingkat konsentrasi pasien dan ada pembatasan aktivitas bahkan bila perlu sampai tirah baring total.


Sumber :
1. Wong DL, Baker MC, Comparison of Asessment Scale, 1988, Pediatric Nursing; 14; 1-9
2. http://pediatricnursing.net/interestarticles/1401_Wong.pdf
3. http://www.sjbhealth.org/documents/Pain%20Scale.pdf
4. http://www.excelmath.com/BLOG/pain.jpg

Telah terbit di Koran Radar Riau, 05 November 2012

 

4 comments on Skala Nyeri pada Anak

Leave a reply