Dokter Anakku

Madu vs Obat Batuk

honey

Gejala flu, batuk dan pilek merupakan keadaan yang sering ditemukan pada Anak, biasanya hal ini diakibatkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh sendiri (self limited disease). Menurut American Association Pediatrics (AAP), anak sehat dapat mengalami 8 episode infeksi saluran napas penyebab flu dalam setahun dimana hampir semua gejala tersebut hilang dalam 14 hari

Mengatasi Flu pada anak, tidaklah melulu membutuhkan obat-obatan. Karena ternyata penelitian terbaru akhir akhir ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi madu dapat melegakan tenggorokan dan membantu menjinakkan batuk. Madu adalah cairan yang menyerupai sirup namun madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6.

Penelitian terbaru menyatakan bahwa madu lebih efektif dibandingkan plasebo dan terapi Desktrometorphan dalam mengontrol batuk di malam hari pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas, sehigga dapat meningkatkan kualitas tidur anak di malam hari. Kesimpulan tersebut bedasarkan penelitan acak buta ganda terkontrol yang dipublikasikan Jurnal Pediatrics.

batukOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini juga telah merekomendasikan madu sebagai pengobatan batuk pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. 

Sedangkan menurut Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) dari Depkes Indonesia, untuk menangani batuk pada anak usia diatas 1 tahun dapat diberikan kecap manis atau madu yang dicampur dengan air jeruk nipis atau lemon. 

Selain itu, orang tua juga harus selalu waspada akan adanya napas cepat, kesulitan bernapas, tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam, anak tidak mau menyusu atau minum atau gejala batuk yang semakin parah, maka segeralah bawa anak ke dokter kapan saja.

Sumber :

  • Batuk atau Pilek dalam Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di RS, WHO Indonesia 2009
  • Paul IM. Et al, Effect of Honey, Dextromethorphan, and No Treatment on Nocturnal Cough and Sleep Quality for Coughing Children and Their Parents, Arch Pediatr Adolesc Med. 2007;161(12):1140-1146
  • Perawatan Anak Sakit dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Depkes RI