Dokter Anakku

Atasi Demam Cara Rasul

demam“Sesungguhnya demam adalah sekelumit dari angin neraka, maka dinginkanlah ia dengan air (HR Bukhari)”

Sesuai dengan hadis Nabi SAW, bila anak demam, maka berilah ia cairan lebih banyak, lanjutkan pemberian ASI pada bayi, kompres dengan air hangat bukan dengan KOMPRES ES atau ALKOHOL dan bila perlu beri obat penurun panas sesuai dosis, jangan diselimuti atau diberi baju tebal. Baca juga artikel “Demam pada Anak” 

Amatlah sesuai dengan ilmu pengetahuan masa kini. Dimana bila :
1. KOMPRES ALKOHOL
Kompres menggunakan etil alkohol 70% / isopropil alkohol dalam air TIDAK efektif menurunkan suhu serta TIDAK dianjurkan untuk anak.
Terhirupnya uap alkohol selama kompres dapat membahayakan anak karena menimbulkan risiko penurunan gula darah (hipoglikemi) hingga koma

2. KOMPRES DINGIN.
Kompres dingin TIDAK direkomendasikan untuk mengatasi demam karena dapat meningkatkan pusat pengatur suhu (set point) hipotalamus, yang mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh.
Kompres dingin mengakibatkan pembuluh darah mengecil (vasokonstriksi), yang justru dapat meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kompres dingin mengakibatkan anak merasa tidak nyaman.

3. KOMPRES AIR HANGAT
Kompres air hangat DIANJURKAN digunakan saat anak demam. Cara penggunaan, letakkan handuk kompres pada lipat ketiak dan lipat paha. Biarkan selama 10-15 menit kemudian angkat. Penggunaan kompres air hangat membantu menurunkan panas dengan cara menguapkan panas keluar melalui pori-pori kulit. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi kita semua. Aminn…. (sumber IDAI)