Dokter Anakku

ASI dan Makanan Pendamping ASI (MP ASI)

ASI dan Makanan Pendamping ASI (MP ASI)
Oleh dr Meiriani Sari MSc SpA IBCLC
(Almamater Pediatrik GAMA, RS Puri Mandiri Kedoya dan RSIA Ibnu Sina Jakarta)

Siang mom… Ngomong ngomong usia si kecil sudah berapa nih? Sudah mau 6 bulan kah? Wah selamat yaa mom karena sudah memberi ASI secara ekslusif. Namun pada usia ini Mom sudah harus mulai bersiap siap untuk memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuk si kecil karena ketika usianya sudah memasuki 6 bulan ASI mencukupi kebutuhan gizi bayi sekitar 60% sehingga kekurangannya harus dipenuhi dgn MPASI, selain itu si kecil secara psikologis dan fisiologis juga sudah siap untuk diperkenalkan dengan makanan padat.

 

Jenis makanan yang sesuai untuk si kecil berdasarkan usia dan refleks / kemampuan bayi :

  1. Usia 0-6 bulan. Refleks/kemampuan yang dimiliki bayi cukup bulan adalah menghisap dan menelan, sehingga makanan yang dapat diterima bayi adalah berupa makanan cair.
  2. Usia 6-7 bulan. Refleks/kemampuan yang dimiliki bayi adalah menggerakkan rahang bawahnya keatas dan kebawah/mengecap. Makanan yang sesuai adalah¬†berbentuk pure (makanan lembut –> yang dihaluskan dan disaring) dan krakers
  3. Usia 7-12 bulan. Refleks/kemampuan yang dimiliki bayi adalah menggigit, mengunyah dan mengarahkan/menggerakkan makanan ke arah gigi. Makanan yang dapat diterima bayi adalah makanan yang dilunakkan/dicincang dan makanan yang dapat dipegang oleh bayi (finger food)
  4. Usia 12-24 bulan. Refleks/kemampuan bayi adalah mengunyah makanan secara baik (rotary chewing), sudah memiliki stabilitas rahang. Pada saat ini bayi sudah dapat diberikan makanan keluarga. 

Itu sekilas tentang pedoman pemberian makanan sesuai dengan usia dan tahap perkembangan yang seharusnya sudah dimiliki oleh bayi. Namun jika bayi sakit atau terdapat gangguan tumbuh kembang tentunya panduan diatas tidak sepenuhnya dapat diterapkan karena harus dievaluasi kembali jenis makanan apa yg dapat diberikan dan diterima oleh bayi.

Berikut beberapa hal yang perlu Mom perhatikan juga, sebelum memperkenalkan / memberikan MPASI pada si kecil:

  1. MPASI yang pertama kali diperkenalkan adalah bubur susu. Bahan utamanya adalah bahan karbohidrat dan ASI, jika tidak ada baru digunakan sufor
  2. Sebaiknya dilakukan bertahap. Pertama perkenalkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Berikan satu jenis bahan makanan/rasa tiap kali memperkenalkan dengan tekstur makanan yang lembut.
  3. Amati reaksi alergi, misal: reaksi pada kulit maupun pencernaan
  4. Jika tidak ada keluhan lanjutkan dengan pengenalan variasi rasa makanan, bahan karbo dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan makan lain, namun tetap dengan prinsip pengenalan 1,2,3 diatas
  5. Berikan makanan dengan komposisi karbo, protein, lemak, vitamin dan mineral yang seimbang
  6. Biasakan dengan pemberian makanan yang bervariasi sejak dini untuk mengurangi risiko si kecil menjadi “picky eater” dikemudian hari
  7. Untuk pengenalan gula dan garam usahakan ketika bayi berusia 1 tahun

Have a great weekend mom… Semoga bermanfaat ya mom…