Dokter Anakku

Madu untuk Flu Anak

honeyFlu yang ditandai dengan gejala seperti bersin-bersin, hidung berlendir, demam atau batuk merupakan keadaan yang sering ditemukan pada Anak, biasanya hal ini diakibatkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh sendiri (self limited disease). Menurut American Association Pediatrics (AAP), anak sehat dapat mengalami 8 episode infeksi saluran napas penyebab flu dalam setahun dimana hampir semua gejala tersebut hilang dalam 14 hari.

Mama ketika menghadapi buah hati yang menderita flu, tindakan utama yang paling sering dilakukan biasanya adalah segera memberikan obat-obatan atau membawa anak ke dokter. Padahal gejala flu, batuk dan pilek tidaklah melulu membutuhkan obat-obatan. Pada tahun 2012, Cochrane Journal menyatakan bahwa tidak ada bukti efektivitas obat obatan flu yang dijual bebas (over the counter drugs) pada anak-anak.

Penelitian terakhir mengungkapkan bahwa mengkonsumsi madu dapat melegakan tenggorokan dan membantu menjinakkan batuk. Penelitian tersebut menyatakan bahwa madu lebih efektif dibandingkan plasebo dan terapi Desktrometorphan dalam mengontrol batuk pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Kesimpulan tersebut bedasarkan penelitan yang dipublikasikan Jurnal Pediatrics. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah merekomendasikan madu sebagai pengobatan batuk pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas.

Menurut Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS Depkes) untuk anak usia diatas 1 tahun dapat diberi kecap manis atau madu yang dicampur dengan air jeruk nipis atau lemon. Caranya, berikan 1/2 sampai 1 sendok teh madu. Campur madu dengan air panas dan tambahkan perasan jeruk lemon yang mengandung vitamin C. Bila Mama memberikan di malam hari, ajak anak menyikat gigi setelah minum madu karena madu lengket manis. 

Khasiat Madu tentunya sudah tak diragukan lagi, namun di kalangan masyarakat telah banyak istilah madu asli dan madu palsu, bagaimana ciri-cirinya dan bagaimana cara membedakannya pun sudah banyak mitos yang beredar.

Berikut berbagai mitos mengenai madu asli yang beredar di masyarakat :

1. Madu Asli tidak dikerumuni semut.
2. Madu asli tidak merembes apabila diteteaskan pada kertas Koran
3. Korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli.
4. Rasa madu asli manis murni, tanpa ada rasa lain.
5. Madu asli berwarna kuning tua.
6. Madu asli akan mengkristal bila diaduk dengan kuning telur
7. Madu asli menyimpan gas atau udara
8. Madu asli tidak membeku bila dimasukkan dalam lemari es

HASIL PENGUJIAN TERHADAP ANGGAPAN TERSEBUT

1. Anggapan pertama : Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut.

Baik madu asli maupun madu tidak asli sama-sama dapat dikerumuni semut. Adapun madu tidak asli yang padanya dicampur dengan serbuk pahit ada kemungkinan padanya tidak dimakan semut karena unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya.

2. Anggapan kedua: Madu Asli Tidak Merembes Saat Diteteskan pada Kertas Koran.

Tidak merembes saat diteteskan pada kertas koran tidak dapat secara mutlak merupakan ciri madu asli karena madu asli yang agak encerpun bisa merembes walaupun sedikit saja (tingkat kekentalannya rendah).

3. Anggapan ketiga : Korek Api Tetap Menyala Setelah Diolesi Madu Asli.

Bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu asli sekalipun jarak waktu tenggang antara pemolesan dengan pemantikan berapa lamapun . Adapun madu tidak asli pada awal pemolesan mungkin masih bisa menyala namun setelah tenggang waktu 1 jam atau lebih maka tidak mampu lagi untuk menyala.

Jadi kesimpulannya adalah apabila setelah berselang lebih dari 1 jam tapi masih bisa menyala berarti madu asli. Namun apabila dengan dengan tenggang waktu tersebut tidak dapat menyala maka bisa dipastikan madu campuran atau tidak asli.

4. Anggapan keempat : Madu Asli Berasa Manis

Kelima sampel madu asli memiliki rasa yangberbeda-beda, bergantung pada sumber makanan lebah atau nectar. Demikian pula madu tidak asli maka rasanyapun beraneka ragam sesuai dengan bahan pencampurnya.

5. Anggapan kelima : Madu Asli Berwarna Kuning Tua

Sebagaimana rasa madu asli , warnanyapun beragam sesuai dengan nectar atau sumber makanan yang dimakan lebah. Demikian pula warna madu tidak asli beragam warnanya sesuai dengan bahan yang diolah dan juga bahan pencampurnya.

6. Anggapan keenam Madu Asli Akan Mengkristal Jika Dicampur Kuning Telur

Semua sampel madu asli mengkristal berbiji-biji saat dicampur dengan kuning telur. Madu tiruan tidak mengkristal sama sekali apabila dicampur kuning telur tetapi madu campuran tetap bisa mengkristal.

Perlu anda ketahui bahwa pengkristalan kuning telur bukan jaminan madu asli karena madu campuranpun tetap mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur.

7. Anggapan ketujuh : MAdu Asli Mengandung Gas (menggelembung pada kantong plastik/jerigen yang tertutup rapat.)

Dalam uji coba kelima madu asli maupun 4 dari 5 macam madu campuran itu tetap mengelembung (mengandung gas) Dari sini dapat dilihat bahwa kandungan gas itu tidak dapat dijadikan patokan dalam menentukan madu asli karena madu tidak aslipun bisa mengandung gas.

Dalam penyelidikannya Dra. Sri Amin Tarti dari Universitas Lambung Mangkurat menyatakan, gas yang terdapat pada madu itu bisa timbul karena madu telah terfermentasi dengan mikroba penghasil gas.

8. Anggapan kedelapan : Madu asli Tidak Akan Membeku Jika Disimpan Dalam Lemari Es.

Dari kelima sampel madu asli, empat sampel tidak membeku saat disimpan dalam lemari es. Satu sampel yang lain sedikit membeku yaitu madu pohon aren /nira. Dan dari kelima sampel madu tidak asli maka semuanya membeku saat disimpan di lemari es.

KESIMPULAN

Dari pengujian terhadap delapan anggapan publik terhadap keaslian madu maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Tidak merembes saat diteteskan pada kertas Koran; tidak dikerumuni semut ; rasa yang manis,; warna kuning tua; serta terdapatnya gas atau udara tidak dapat dijadikan alat untk mengukur kemurnian atau keaslian madu.

2. Madu dapat dikatakan asli bila belerang bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu trsebut, meskipun tenggang waktu yang lama. Apabila korek api dapat menyala dalam tenggang waktu yang sebentar kemudian tidak menyala dalam tenggang waktu yang lama maka bisa diragukan keaslian madu tersebut.

3. Madu asli akan mengkristal saat dicampur dengan kuning telur. Namun pengkristalan bukan jaminan aslinya suatu madu. Beberapa madu palsu atau campuran pun tetap mengkristal saat dicampur dengan kuning telur.

4. Madu asli tidak akan membeku saat disimpan di lemari es.

Sumber :

  • Batuk atau Pilek dalam Buku Saku Pelayanan Kesehatan Anak di RS, WHO Indonesia 2009
  • Masun Sadyi M, Jeli Memilih Madu, Adicita Karya Nusa 2005
  • Paul IM. Et al, Effect of Honey, Dextromethorphan, and No Treatment on Nocturnal Cough and Sleep Quality for Coughing Children and Their Parents, Arch Pediatr Adolesc Med. 2007;161(12):1140-1146
  • Perawatan Anak Sakit dalam Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Depkes RI