Dokter Anakku

Sarapan Pagi Mencegah Obesitas Anak

breakfast-recipes-for-kids
Cegah Kegemukan pada Anak dengan Sarapan Pagi

Dengan semakin meningkatnya angka obesitas atau kegemukan pada anak dan remaja, maka penting kiranya orang tua selalu mendorong anak mengkonsumsi sarapan pagi setiap hari.

Berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics (AAP) anak dan remaja yang teratur sarapan pagi mempunyai Indeks Massa Tubuh lebih rendah dengan kata lain “lebih langsing” daripada anak yang tidak pernah atau jarang sarapan pagi.

Bagaimana sarapan pagi mencegah kegemukan pada Anak?

Anak yang sarapan pagi mengkonsumsi kalori dan serat lebih tinggi, namun lebih rendah lemak tersaturasi. Hal ini disebabkan karena menu sarapan biasanya terdiri dari nasi, sereal, buah, roti, yoghurt dan susu.

Sarapan pagi menambah konsumsi serat pada anak yang bersumber dari sereal dan buah. Dimana serat juga membantu menurunkan berat badan dengan cara menurunkan kolesterol

Salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas Menurut dr Schneider adalah “overeating” akibat adanya “under eating” Dimana anak yang tidak sarapan (under eating) akan makan lebih banyak (over eating) pada siang hari, dengan menu tinggi kalori dan lemak dan bahkan mengkonsumsi junkfood

Selain mencegah terjadinya kegemukan, sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar sehingga meningkatkan performa anak di sekolah

Sarapan pagi membantu memenuhi kebutuhan Vitamin D yang bersumber dari susu, yoghurt dan sereal. Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium tulang yang sangat penting untuk anak karena terdapat puncak pertumbuhan tulang pada usia ini.

Menurut AAP vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit infeksi, penyakit autoimun, diabetes dan kanker. Sehingga dianjurkan mengkonsumsi vitamin D 200 IU – 400 IU sehari.

Jadi, jangan lupa ingatkan si Kecil untuk sarapan pagi setiap hari ya Bund. Salam Dokter Anakku

sumber : AAP